Layanan LTL Kubikasi.id

Apa itu Layanan LTL (Less Than Truckload)?

Layanan LTL (Less Than Truckload) Kubikasi.id adalah solusi pengiriman barang untuk customer yang tidak membutuhkan satu truk penuh. Dengan sistem ini, barang dari beberapa pengirim akan digabung dalam satu armada sehingga biaya lebih efisien dibanding menyewa satu truk penuh.

Layanan LTL cocok untuk:­­­

  • Pengiriman barang dengan volume kecil hingga menengah.

  • Distribusi reguler ke berbagai kota dengan biaya lebih hemat.

  • Pengiriman barang retail, e-commerce, maupun kebutuhan bisnis lain.

Kubikasi.id memastikan setiap barang tetap ditangani sesuai standar keamanan, pengemasan, dan asuransi yang berlaku.

Syarat & Ketentuan Layanan LTL Kubikasi.id

1. Harga & Pembayaran

  • Harga mengacu pada quotation resmi yang disetujui Kubikasi.id dan customer.

  • Harga sudah termasuk PPN 1,1%.

  • Jika terdaftar sebagai akun bisnis, keterlambatan pembayaran dikenakan denda 2% per bulan dari total tagihan.

  • Pembayaran melalui transfer ke nomor rekening berikut :
    Bank Name : Bank BCA
    Bank Branch : SCBD
    Bank Account Number : 006 789 0098
    Bank Account Name : PT Multi Logistik Lancar Sejahtera

2. Layanan Tambahan

1.     Pengiriman balik surat jalan:

  • Jabodetabek Rp10.000

  • Luar Jabodetabek Rp25.000

  • Luar Pulau Jawa Rp35.000

2.     Repacking:

  • Bubble wrap Rp10.500/meter

  • Packing kayu: (CBM x 0,35), minimal Rp105.000

3. Asuransi

  • Asuransi Wajib Rp5.000/AWB → pertanggungan maksimal Rp2.500.000/AWB.

  • Barang pecah belah: 2% x nilai barang (min Rp5.000), wajib dengan packing kayu → maksimal Rp500.000.000/AWB.  Contoh barang-barang pecah belah adalah kaca, keramik, barang berbahan akrilik (seperti neonbox, backdrop akrilik), serta barang lain dengan komposisi kaca ≥30%. Mainan berbahan plastik tidak termasuk kategori pecah belah (namun berpotensi patah).

  • Barang non-pecah belah : 0,2% x nilai barang (min Rp5.000) → maksimal Rp500.000.000/AWB.

4. Standar Pengemasan

  • Pengirim wajib mengikuti prosedur standar pengemasan barang yang ditentukan untuk menghindari dan mencegah paket mengalami kerusakan saat proses pengiriman karena hantaman dan goncangan, serta menjaga agar paket aman dan terhindar dari kelembapan.

Berikut beberapa standar media packing yang harus digunakan :

- Packing kayu wajib digunakan untuk paket yang bersifat mudah pecah, dan barang elektronik. Contoh isi barang: Elektronik, furniture, sofa, dan lainnya. 
- Box Styrofoam digunakan untuk melindungi makanan/produk daging yang memiliki masa simpan terbatas dan mudah busuk. Contoh isi barang: produk makanan kemasan, produk olahan beku.

- Corrugated Box digunakan untuk bagian dalam packing agar dapat melindungi barang dari benturan. Contoh isi barang: Pakaian, buku, barang umum lainnya.

- Plastik Poly Mailer biasa digunakan untuk membungkus bagian luar paket untuk memastikan isi paket aman dan terjaga dari air selama proses pengiriman.

- Bubble Wrap biasa digunakan sebagai bantalan untuk menghindari kerusakan isi paket. Contoh isi barang: Elektronik, botol kaca, botol plastic.

- EPE Foam biasa digunakan untuk membungkus barang dengan sudut tajam untuk menghindari kerusakan isi paket terutama pada benda yang memiliki sisi tajam. Contoh isi barang: Sparepart, mesin, furniture.

- Silica Gel biasa digunakan sebagai alat untuk menyerap kelembapan sehingga dapat mencegah isi paket rusak (berjamur, rapuh). Contoh isi barang: Tas kulit, sepatu, bahan kulit lain.

- Thermal Pack/Ice Gel/Dry Ice biasa digunakan untuk menjaga paket makanan beku tetap aman dan terjaga suhunya selama proses pengiriman. Contoh isi barang: Daging beku, tuna loin, frozen food.

- Absorbent Material biasa digunakan sebagai alat untuk menyerap cairan agar jika terjadi kerusakan barang, cairan akan terserap dan tidak merusak paket lain. Contoh isi barang: Madu, obat sirup.

- Label Penanda digunakan untuk menjelaskan sifat dan posisi barang dalam paket agar memudahkan operasional dalam handling paket. Contoh isi barang: Elektronik, botol kaca, tanaman, dan sebagainya.

  • Pengirim harus mengemas barang dengan benar sesuai dengan standar hukum; jika tidak ada standar hukum yang relevan, barang harus dikemas sesuai dengan praktik industri dan memenuhi persyaratan transportasi. Jika hasil kemasan oleh Pengirim tidak sesuai dengan persyaratan layanan transportasi, Pengangkut dapat mengubah kemasan setelah memberitahu Pengirim dan memperoleh persetujuan, dalam hal ini biaya untuk mengubah kemasan akan ditanggung oleh Pengirim; jika Pengirim tidak setuju untuk mengubah kemasan barang, Pengangkut tidak diperbolehkan mengubah kemasan, namun kerusakan atau kehilangan barang atau kerugian yang diderita oleh Pengangkut akibat cacat pada kemasan oleh Pengirim akan ditanggung oleh Pengirim

5. Klaim Asuransi
Jika Pengirim atau penerima yang ditunjuk oleh Pengirim menemukan kerusakan, kontaminasi, atau keadaan serupa lainnya saat menerima barang, Pengirim atau penerima yang ditunjuk harus mencantumkan kondisi kerusakan secara rinci pada tanda terima. Pengirim harus mengajukan klaim kompensasi kepada Pengangkut dalam waktu tiga (2) hari kalender sejak tanggal pengiriman barang.

Berkas klaim yang harus dilampirkan:

●      Foto kemasan awal
●      Info total kerusakan barang
●      Foto good quality isi paket sebelum pengemasan
●      Video unboxing
●      Foto NPWP/KTP penerima klaim / pengirim
●      No rekening a.n. sama dengan NPWP/KTP yang diberikan
●      Invoice keseluruhan dan invoice klaim (sesuai kerusakan/kehilangan yang terjadi)

6. Operasional & Pemesanan

  • Jam operasional specialist:
    -       Senin–Sabtu: 06.00–22.00
    -       Minggu: 08.00–22.00

  • Batas order H-1 maksimal pukul 22.00 untuk pengiriman esok hari.


7. Coverage Area

Pickup

  1. Saat ini layanan pickup hanya tersedia untuk area Jabodetabek. Untuk area di luar Jabodetabek, layanan pickup masih dalam tahap pengembangan.

  2. Pickup berlaku untuk pengiriman dengan berat aktual minimum 11 kg (bukan berdasarkan dimensi).

  3. SLA pickup:

    • Permintaan pickup yang diajukan di hari yang sama sebelum pukul 10.00 WIB, akan dijadwalkan untuk diambil pada rentang pukul 10.00–17.00 WIB.

    • Permintaan pickup yang masuk setelah pukul 17.00 WIB akan diproses pada hari berikutnya.

Dropoff

  1. Pengiriman dengan berat di bawah 11 kg dapat dilakukan melalui dropoff ke outlet terdekat.

  2. Informasi outlet terdekat kami dapat menghubungi Customer Service Kubikasi melalui Whatsapp +62 811-8044-889